NEWS

Bahagia di hari Raya, Kesehatan Tetap Terjaga

Menyambut hari raya Idul Fitri paska selesai berpuasa selama 30 hari terkadang membuat kita lepas kendali akan pola makan yang menyebabkan terganggunya kesehatan dan kebugaran tubuh sehingga meningkatkan risiko akan berbagai penyakit. Tetap waspada akan hal berikut ya!


Hidangan Lezat Namun Beresiko

Hidangan khas lebaran seperti opor, gulai, rendang, dan kue kering termasuk makanan tinggi lemak, gula dan kalori yang meningkatkan risiko obesitas, gangguan lemak & diabetes mellitus.

Nafsu Makan Berlebih

Suasana hangat saat kumpul keluarga dan hadirnya makanan enak meningkatkan nafsu makan sehingga makanan disantap dalam porsi besar.

Lupa berolahraga 

Setelah lelah bercengkrama dengan keluarga besar membuat lupa berolahraga dan cenderung ingin banyak tidur.


Lalu bagaimana menjaga kesehatan tubuh di hari Raya Idul Fitri? Simak tips ini yuk!


  • Perhatikan porsi makan ; Usahakan sesuai rekomendasi “Isi Piringku – Kemenkes” yaitu 50% buah dan sayur, 50% sisanya karbohidrat dan protein.

  • Tetap konsumsi buah dan sayur Jadikan sebagai appetizer/dessert dibandingkan dengan makanan manis lainnya.
  • Perbanyak konsumsi air putih dibandingkan minuman manis lainnya.
  • Tetap konsumsi obat rutin Selama lebaran bagi yang memiliki riwayat penyakit serta terapkan hidup sehat kembali paska lebaran termasuk evaluasi kondisi kesehatan. 

 Jangan sampai momen Lebaran buat kamu jadi lebar-an!


Source: https://upk.kemkes.go.id/new/kenali-ancaman-penyakit-pada-menu-makanan-lebaran ; https://ayosehat.kemkes.go.id/tips-sehat-menikmati-menu-lebaran

RELATED TOPICS
NEWS