How To Claim

Berikutini adalah berbagai tata cara umum untuk melakukan klaim di Medicillin. Jikaada hal yang diluar penjelasan di bawah dapat ditanyakan melalui HRD atau PICKlaim yang bertanggung jawab di masing-masing perusahaan Anda. Karena setiapperusahaan memiliki ketentuan yang diatur sendiri diluar tata cara pengajuanklaim Medicillin yang ada pada umumnya.

Dan untuk kenyamanannya, dapat menanyakan kepadatim Medicillin melalui fitur online chating kami. Atau menghubungi Call Centerkami di Adira Care 1500 456 (gunakan kode area via handphone) untuk lebihdetilnya.

I. Klaim Asuransi Rawat Inap Dan Melahirkan


Ada 2 (dua) sistem untuk asuransi rawat inap danmelahirkan, yaitu :

A. Sistem Reimbursement

Dengansistem ini, Peserta yang menjalani perawatan inap harus membayar terlebih dulubiaya yang telah dikeluarkan akibat perawatan inap tersebut, kemudianmengirimkan kwitansi dan dokumen klaim kepada Adira Insurance untuk mendapatkanpenggantian atas biaya yang telah dikeluarkan. Klaim akan dibayar dalam jangkawaktu 7 hari kerja dihitung sejak tanggal dokumen diterima lengkap oleh AdiraInsurance.

Dokumen yang harus dilengkapi untuk AsuransiRawat Inap

  1. Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh Tertanggung dan Dokter yang merawat atau Dokter Bedah jika ada Pembedahan. Wajib mencantumkan nama perusahaan, no register, nama lengkap dan NIP Peserta pada formulir klaim atau dengan melampirkan Fotocopy Kartu Peserta.
  2. Kwitansi-kwitansi asli dari Rumah Sakit beserta perincian asli dari biaya-biaya yang dikeluarkan atas perawatan tersebut (perincian penggunaan obat-obatan yang dikonsumsi dan pemeriksaan laboratorium yang dilakukan di Rumah Sakit).
  3. Fotocopy Resume Medis dari Rumah Sakit.
  4. Dokumen penunjang lainnya (contoh: copy hasil pemeriksaan laboratorium, kronologis kejadian/kecelakaan, surat keterangan lahir).

Sistem Provider

AdiraInsurance menyediakan beberapa Rumah Sakit provider sesuai lampiran. Dengansistem ini, semua biaya yang telah dikeluarkan selama perawatan inap di RumahSakit akan dibayar oleh Adira Insurance. Apabila terdapat selisih biaya, makaseluruh kelebihan biaya (Excess Klaim) langsung dibayar di Rumah Sakit olehpeserta.

Tata Cara dengan Sistem Provider :

  1. Peserta bisa langsung masuk RS Provider dengan menunjukkan kartu peserta Asuransi (Asli) kepada petugas Rumah Sakit.
  2. Kartu identitas/KTP harap ditunjukkan untuk dicocokkan dengan kartu peserta.
  3. Peserta diharapkan memilih kelas kamar yang sesuai dengan plan yang menjadi haknya. Hal ini untuk menghindari terjadinya excess yang besar pada saat keluar dari Rumah Sakit.
  4. Pada saat keluar dari RS Provider, peserta harus:
    • Memeriksa & menandatangani Perincian Biaya Perawatan
    • Mengisi dan menandatangani Formulir Klaim yang ada
  5. Total biaya perawatan di Rumah Sakit Provider akan dihitung oleh Adira Insurance sesuai kelas kamar yang menjadi hak peserta
  6. Biaya atas perawatan penyakit dan atau biaya yang tidak dijamin dalam Polis wajib dibayar langsung di tempat perawatan olehPeserta.
  7. Jika terjadi selisih biaya, karena menggunakan kelas kamar yang lebih tinggi maka akan dihitung secara proporsional sesuai harga kamar di Rumah Sakit dimana peserta dirawat.
  8. Jika biaya perawatan lebih besar karena menggunakan kelas kamar yang lebih tinggi dari seharusnya, maka kelebihannya harus dibayar langsung oleh Peserta pada saat keluar dari RS Provider.

II. Klaim Asuransi Rawat Jalan, PemeriksaanKehamilan, Rawat Gigi, Jaminan Khusus (Imunisasi & Kb)

Sistem Reimbursement

Dengansistem ini, Peserta yang menjalani Pengobatan harus membayar terlebih dulubiaya yang telah dikeluarkan akibat Pengobatan tersebut, kemudian mengirimkanakibat Pengobatan tersebut, kemudian mengirimkan kwitansi dan dokumen klaimkepada Adira Insurance untuk mendapatkan penggantian atas biaya yang telahdikeluarkan. Klaim akan dibayar dalam jangka waktu 5 hari kerja dari saatdokumen klaim diterima lengkap oleh Adira Insurance.

Dokumen yang harus dilengkapi untuk AsuransiRawat Jalan:

  1. Formulir Klaim Asuransi Rawat Jalan yang telah diisi dan dilengkapi. Wajib mencantumkan nama perusahaan, no register, nama lengkap dan NIP peserta pada formulir klaim atau dengan melampirkan Fotocopy Kartu Peserta.
  2. Kwitansi asli atas biaya konsultasi dengan Dokter yang merawat (Dokter Umum dan Dokter Spesialis). Diagnosa penyakit dari Dokter yang merawat harus dituliskan pada lembar kwitansi asli (bila tidak membawa Formulir). Nota/bukti pembayaran bukan dan tidak dapat menggantikan Kwitansi, dan hanya sebagai lampiran pendukung saja atas dokumen Kwitansi Asli.
  3. Kwitansi asli atas biaya obat-obatan yang diresepkan oleh Dokter yang merawat.
  4. Copy Resep obat-obatan.
  5. Kwitansi asli atas biaya pemeriksaan diagnostik yang dirujuk oleh Dokter.
  6. Copy Surat Rujukan dari Dokter mengenai diperlukannya fisioterapi, pemeriksaan laboratorium, X-Ray dan pemeriksaan diagnostik lainnya akibat penyakit atau cedera yang diderita oleh Peserta.
  7. Dokumen penunjang lainnya, misalnya Fotocopy Hasil Pemeriksaan Laboratorium Diagnosa dan Tandatangan/Cap/SIP Dokter harus berada di lembar yang sama.

Dokumen yang harus dilengkapi untukPemeriksaan Kehamilan:

  1. Formulir Klaim Asuransi Rawat Jalan yang telah diisi dan dilengkapi.
  2. Kwitansi asli atas biaya konsultasi dengan Dokter yang merawat (Dokter Umum dan Bidan). Usia kandungan harus dituliska pada lembar kwitansi asli. Nota/bukti pembayaran bukan dan tidak dapat menggantikan Kwitansi, dan hanya sebagai lampiran pendukung saja atas dokumen Kwitansi Asli.
  3. Kwitansi asli atas biaya obat-obatan yang diresepkan oleh Dokter yang merawat.
  4. Copy Resep obat-obatan.
  5. Dokumen penunjang lainnya, misalnya Fotocopy Hasil Pemeriksaan Laboratorium/USG, Fotocopy keterangan usia kandungan untuk Pemeriksaan Kehamilan.

Dokumen yang harus dilengkapi untuk PerawatanGigi:

  1. Formulir Klaim Asuransi Rawat Jalan yang telah diisi dan dilengkapi.
  2. Kwitansi asli atas biaya konsultasi dengan Dokter Gigi yang merawat. Pada kwitansi tersebut harus dicantumkan pada gigi atau regio mana dilakukan perawatan serta jenis perawatan tersebut. Nota/bukti pembayaran bukan dan tidak dapat menggantikan Kwitansi, dan hanya sebagai lampiran pendukung saja atas dokumen Kwitansi Asli.
  3. Kwitansi asli atas biaya obat-obatan yang diresepkan oleh Dokter yang merawat.
  4. Copy Resep obat-obatan.
  5. Foto Panoramic Gigi/Rontgen Gigi hanya jika diperlukan secara medis atau diperlukan untuk analisa lebih lanjut, contoh untuk perawatan saraf akar, odontectomy.
  6. Jika ada operasi gigi bungsu (jaminan ini masuk rawat inap), maka kwitansi dilengkapi dengan diagnosa dan jenis tindakan yang dilakukan oleh Dokter Gigi. Dokumen penunjang lainnya yang asli, misalnya Foto Rontgen/Panoramic Gigi.

Dokumen yang harus dilengkapi untuk JaminanKhusus (Imunisasi, KB):

  1. Formulir Klaim Asuransi Rawat Jalan yang telah diisi dan dilengkapi.
  2. Kwitansi asli atas biaya konsultasi dengan Dokter yang merawat (Dokter Umum dan Dokter Spesialis). Jenis Imunisasi yang diberikan, jenis KB yang diberikan dari Dokter yang merawat harus dituliskan pada lembar kwitansi asli. Nota/ bukti pembayaran bukan dan tidak dapat menggantikan Kwitansi, dan hanya sebagai lampiran pendukung saja atas dokumen Kwitansi Asli.
  3. Dokumen penunjang asli lainnya, misalnya Fotocopy buku pengobatan anak untuk imunisasi, atau Fotocopy buku kunjungan untuk program KB.

Untuk pengajuan klaim di atas, seluruh dokumen harusdiserahkan kepada Medicillin sesegera mungkin, tidak melebihi 1 (satu) bulandari saat terjadinya perawatan.

NEWS