NEWS

Ini 7 Makanan yang Paling Sering Bikin Alergi

Tidak cuma kacang tanah makanan yang bisa memicu alergi. Dalam kasus sehari-hari, ada beberapa makanan lain yang dikonsumsi bisa membuat tubuh bereaksi seperti kulit kemerahan, bengkak, dan sesak napas.

Berikut tujuh makanan yang paling sering memicu alergi, mengutip laman Reader's Digest, Senin (31/10/2016).

1. Kacang tanah

Kacang tanah merupakan salah satu makanan yang paling sering menyebabkan alergi.  Individu yang alergi jika mengonsumsi makanan ini bisa berujung pada kematian jika terlambat ditangani secara medis (anafilaksis).

2. Makanan laut

Rasanya tidak menyenangkan ya ketika mengonsumsi makanan lezat seperti olahan makanan laut tapi bikin sekujur tubuh merah atau gatal. Biasanya orang-orang alergi terhadap kerang, udang, lobster, dan kepiting. Lalu ada juga yang alergi terhadap aneka ikan laut.

3. Kacang-kacangan 

Dikonsumsi bisa memicu alergi. Orang-orang seperti ini wajib hati-hati karena ada banyak makanan seperti kue yang mengandung kacang-kacang tersebut.

4. Telur

Telur mentah kaya protein dan mudah di dapat, ada segilintir orang yang alergi mengonsumsi telur. Biasanya individu yang alergi telur adalah anak-anak. Mereka yang memiliki kulit dermatitis atopik (kering, bersisik, mudah gatal) memiliki reaksi alergi yang lebih parah bila mengonsumsi telur.

5. Susu sapi

Kandungan protein dalam susu yakni lactoglobulin, lactalbumin, casein, dan whey yang bisa memicu alergi pada individu. Biasanya, seseorang yang alergi terhadap susu sudah diketahui sejak diberikan susu tambahan selain ASI. Sekitar 2-7 persen bayi berumur satu tahun alergi susu sapi. Reaksi alergi pada susu sapi biasanya ditandai dengan diare, kulit gatal kemerahan, dan batuk berdahak. 

6. Kedelai

Ada banyak makanan yang berasal dari kedelai, namun ada juga individu yang tak bisa mengonsumsi makanan berbahan kedelai. Biasanya hal ini sudah diketahui sejak anak-anak.

7. Protein gandum

Alergi gandum berarti seseorang alergi terhadap kandungan protein yang terdapat dalam gandum. Alergi gandum dapat mengakibatkan berbagai gejala, termasuk gatal-gatal, sesak napas dan mual.

Untuk mencegah reaksi alergi, ada baiknya menghindari makanan-makanan yang bisa memicu. 

Source:

NEWS