TIPS

Bawang Putih, Si Pemusnah Jamur Kaki

Bawang Putih, Si Pemusnah Jamur Kaki

Bawang putih punya manfaat menakjubkan. Bawang putih yang dipanggang dengan minyak zaitun bisa meleleh di mulut layaknya mentega. Bawang putih yang dipotong-potong dan mentah bisa terasa pedas dan tajam.

Bagi beberapa orang, aroma bawang putih mungkin tidak terlalu enak dicium. Namun, ada manfaat yang luar biasa bawang putih untuk kesehatan, dikutip dari Cleveland Clinic, Selasa (6/2/2018).

Manfaat bawang putih berkat adanya senyawa sulfur allicin yang memberikan aroma tajam.

Melawan jamur pada kaki

Bawang putih juga melawan jamur. Rendam kaki dengan air bawang putih atau gosok bawang putih mentah ke kaki untuk melawan jamur, yang menyebabkan gatal.

Kurangi risiko kanker usus besar

Bawang putih tampaknya bisa membunuh sel kanker. Menurut Iowa Women's Health Study, 41.000 wanita paruh baya, yang rutin mengonsumsi bawang putih, buah-buahan, dan sayuran memiliki risiko kanker kolon (usus besar) 35 persen lebih rendah.

Khasiat bawang putih lebih terasa saat dimakan mentah dan dimasak, bukan dikonsumso dalam bentuk suplemen.

Bawang Putih Sebagai Anti-peradangan

Nyeri sendi bisa diobati dengan bawang putih. Penelitian menunjukkan, minyak bawang putih berfungsi sebagai antiinflamasi. Jika Anda mengalami snyeri dan radang sendi atau otot, gosokkan bagian tubuh yang nyeri dengan minyak bawang putih.

Perbaiki kesehatan kardiovaskular (jantung)

Bawang putih dapat memberi dampak positif pada pembuluh darah arteri dan tekanan darah. Sel darah merah mengubah belerang dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida, yang memperlebar pembuluh darah.

Pembuluh darah yang lebar akan memudahkan mengatur tekanan darah. German Commission E juga merekomendasikan, 4 gram bawang putih tiap hari untuk mengurangi risiko penyakit jantung

Rambut Lebih Sehat Berkat Bawang Putih

Antioksidan bawang putih dan sifat antibakteri bisa membersihkan kulit dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Beberapa data menunjukkan, menggosok bawang putih mentah di atas jerawat bisa meredakan jerawat.

Namun, hati-hati, hal ini bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit.

Bunuh bakteri pada makanan

Sifat antibakteri pada bawang putih segar dapat membunuh bakteri, yang menyebabkan keracunan makanan, termasuk salmonella dan E.coli. Kedua bakteri dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare. Anda bisa menambahkan bawang putih pada makanan.

Source: http://health.liputan6.com/read/3261760/bawang-putih-si-pemusnah-jamur-kaki

NEWS