TIPS

Anak di Bawah Satu Tahun Belum Boleh Minum Jus Buah Kemasan

Selain susu kemasan, rupanya pemberian jus buah kemasan juga harus diperhatikan, khususnya pada anak di bawah umur satu tahun.

American Academy of Pediatrics mengeluarkan pedoman baru agar anak di bawah usia satu tahun tidak diberikan minuman jus buah kemasan. Sebab, hal ini dapat meningkatkan kemungkinan obesitas dan gigi berlubang.

Dr. Steven A. Abrams, dari Department of Pediatrics at the Dell Medical School, University of Texas, merekomendasikan kepada semua ibu untuk memberikan ASI pada anak di bawah satu tahun.

"Menurut kami tidak ada kebutuhan atau peran jus yang lebih bermanfaat dari ASI," ujar Abrams, dikutip dari Good Housekeeping, Jumat (2/6/2017).

Abrams sendiri mengatakan temuan setahun terakhir terkait manfaat jus buah untuk anak, lebih nampak efeknya pada anak di usia empat tahun. Mereka merekomendasikan tidak lebih dari empat ons setiap hari untuk balita antara satu sampai tiga tahun.

Sementara anak-anak usia empat sampai enam tahun justru harus mendapat asupan jus buah sebanyak empat ons dan enam ons bagi anak berusia tujuh sampai 18 tahun. Namun, Jaclyn London, MS, RD, CDN, Direktur Nutrisi di Good Housekeeping Institute mengingatkan agar orang tua selalu memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam jus kemasan.

"Jumlah gula dalam jus buah kemasan lebih tinggi dibandingkan Anda mengonsumsi buah utuhnya saja, apalagi serat, air, dan antioksidan buah utuh lebih baik daripada jus buah kemasan," ujarnya.

 

 

Source: http://health.liputan6.com/read/2973872/anak-di-bawah-satu-tahun-belum-boleh-minum-jus-buah-kemasan

NEWS