TIPS

Ngemil!

Ngemil seringkali identik dengan hal-hal yang kurang baik. Hal ini dikarenakan ngemil seringkali membuat berat badan seseorang bertambah tanpa disadarinya. Namun, tahukah Anda bahwa ada juga lho ngemil tapi bisa membuat Anda lebih sehat. Mengonsumsi makanan-makanan yang sehat kemudian dibarengi dengan olahraga teratur merupakan salah satu kombinasi yang sangat tepat untuk bisa mendapatkan pola hidup sehat dan seimbang.


Supaya ngemil tidak mengakibatkan berat badan Anda berlebih, maka dibutuhkan beberapa tips berikut ini agar ngemil yang Anda lakukan tetap memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi Anda yang tengah menjalani program diet.

1. Mengonsumsi segenggam kacang per hari

Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat, protein, dan asam lemak omega 3. Mengonsumsi kacang baik untuk kesehatan jantung dan otak Anda. Bahkan, untuk Anda yang saat ini ingin menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan energi tubuh, mengonsumsi segenggam kacang di setiap harinya bisa menjadi pilihan yang baik.


Seperti yang Anda ketahui bahwa kacang itu ada banyak jenisnya. Beberapa jenis kacang yang bisa Anda pilih untuk dijadikan camilan adalah kacang tanah, kenari, dan kacang almond. Mengonsumsi kacang 
sebelum melakukan olahraga juga baik karena hal itu akan membuat Anda lebih bersemangat dalam berolahraga. Namun perlu di ingat juga ya, usahakan mengonsumsi kacang tidak lebih dari satu genggam dalam setiap harinya. Karena perlu Anda ketahui bahwa semua jenis kacang kaya akan lemak.


2. Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau sebelum berolahraga bisa menjadi pilihan yang tepat karena hal itu akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama pada saat melakukan olahraga nanti. Bila Anda kurang suka dengan sayuran, Anda juga bisa kok menggantinya dengan buah-buahan. Karena buah-buahan juga kaya akan nutrisi dan mampu menstabilkan kadar gula dalam darah ketika dikonsumsi sebelum berolahraga.


3. Atur porsi makan

Anda sudah tahu belum berapa banyak camilan yang disarankan untuk dikonsumsi? Pada umumnya, porsi camilan yang baik itu adalah seperempat dari porsi makanan utama kita. Dan ngemil yang baik itu sebaiknya dilakukan setiap 2 atau 3 jam sekali agar sistem metabolisme tubuh tetap terjaga dan juga tidak mudah merasa lapar.


4. Buat jadwal waktu ngemil

Membuat jadwal khusus untuk mengemil juga baik buat Anda. Kenapa? Karena hal itu akan membuat Anda lebih mudah untuk menyiapkan camilan yang baik dan sehat. Misal, Anda bisa membeli beberapa buah dan sayuran segar untuk dijadikan camilan pada keesokan harinya. Potong-potong buah dan sayuran tersebut kemudian masukkan kedalam kulkas. Dengan melakukan hal seperti ini, esok harinya Anda tidak akan repot-repot lagi untuk mencari camilan yang menyehatkan.


Jadi, siapkah Anda untuk menerapkan 4 
tips ngemil sehat yang telah disebutkan diatas?

Source: http://sehatkancantik.blogspot.co.id/2015/04/4-tips-ini-bantu-ngemil-anda-tetap-sehat.html

NEWS