TIPS

TIPS MENGENDALIKAN KOLESTEROL

TIPS MENGENDALIKAN KOLESTEROL

Kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kolesterol yang tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang bertubuh gemuk, tapi orang yang kurus. Ini juga dapat menimpa berbagai kalangan umur, oleh karena itu, kita harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar kandungan kolesterol dalam darah tetap normal.

Gunakan Tangan
Gunakan tangan anda. Satu porsi daging / ikan seukuran yang pas dengan telapak tangan,. Satu porsi buah segar seukuran kepalan tangan dan satu porsi sayuran matang, nasi, atau pasta seharusnya seukuran pas dengan tangan tertangkup.

Konsumsi Makanan Sehat untuk Jantung
Isi piring anda dengan buah-buahan dan sayuran sebanyak 5 -9 porsi dalam sehari untuk membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). konsumsi ikan 2x dalam seminggu, Ikan memiliki lemak jenuh rendah dan tinggi asam lemak sehat omega-3 Yang berfungsi  menurunkan trigylcerides dan kolesterol,ganti camilan dengan kacang, kacang  mengandung  lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang menurunkan kolesterol LDL (kolesterol “buruk”) sementara meninggalkan kolesterol HDL (kolesterol “baik”)

Mulailah Hari dengan Gandum
Semangkuk oatmeal atau sereal gandum mengandung serat dan karbohidrat kompleks, sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama,dan membantu  menurunkan kolesterol.

Hindari alkohol dan merokok

Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah

Berolahraga ringan dengan berjalan-jalan
Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung,dengan latihan aerobik atau kardiovaskular seperti berjalan kaki serta memasukkan aktivitas fisik ke dalam keseharian. seperti: berkebun, menari, atau menggunakan tangga dan bukan lift.

 

Source:

NEWS